HEMATLAH LISTRIK-MATIKAN LISTRIK YANG TIDAK PERLU

Tuesday, February 8, 2011

Teknik Pemasangan Parabola Satellite

Teknik Pemasangan Parabola Satellite

Teknik Pasang Parabola SatelliteParabola adalah suatu perangkat penangkapan sinyal satelit yang tentunya kualitas penangkapan sinyal dipengaruhi oleh luasan dish parabola/ piringan parabola, yang nantinya bisa dilihat pada prosen intensitas penerimaan. Selanjutnya pengaturan Digital LNBF, pada tabung LNBF tertera sekala 0,25 s/d 0,665. Skala ini sngat mempengaruhi hasil penerimaan sinyal, dimana penentuannya tergantung dari diameter dan kedalaman piringan para bola itu sendiri. Pada umumnya di Indonesia piringan para bola solid banyak dijual yang ukuran 6 ft atau diameter 180 cm dengan kedalaman dish 30 cm. Untuk menentukan skala yang tertera di LNBF dapat di hitung sbb :

Rumus : f=(DxD)/16xt)

Untuk Diameter 180 cm (6ft) dan kedalaman 30 cm

f=(180x180)/(16x30)
f= 32.400/480
f= 67.5

f/d= 67.5/180
= 0,375

Dari hasil perhitungan tersebut sebaiknya skala yang dipergunakan adalah 0,38 agar penerimaan sinyal menjadi optimum. Untuk dish dengan diameter dan kedalaman yang berbeda lakukan perhitungan dengan rumus diatas. Pada bagian bawah LNBF terdapat angka 30, 0 ,30, posisiskan angka 0 sejajar dengan mata angin barat-timur (sejajar garis katulistiwa). Jika menggunakan penggerak / actuator maka posisi actuator juga harus lurus/sejajar dengan arah barat-timur pada mata angin (kompas) agar pada saat pointing semua satelit terbaca sehingga mendapatkan chanel FTA yang cukup banyak minimal dari Intelsat 8 (timur) sampai Thaicom 5 (barat).

Kemiringan (elevasi) diatur menjadi 78,5o terhadap garis horisontal, pergunakan busur derajat. Setelah dish terpasang lakukan pointing di satelit Asiasat 2, kira-kira posisi parabola tegak lurus ke langit dengan elevasi 78,5o. Pada Receiver di set satelit Asiasat 2 dengan auto search .

Menentukan apakah arah actuator sudah segaris dengan barat-timur arah mata angin dengan cara memutar para bola ke arah Intelsat 8 yaitu ke sebelah timur +/- 15o terhadap garis horisontal. Jika telah menemukan siaran/chanel Arirang World, YTN , TVBS dsb, maka seting dish parabola sudah benar.
Secara otomatis Satelit yang ada di bagian barat akan tedeteksi yakni minimal satelit Thaicom 5 dengan chanel TVK Cambodia, Nepal TV dsb.



3 comments:

  1. Tanks. Atas infonya. Kalau satelit hot bird bisa di lock di indo nggak?

    ReplyDelete
  2. Hot bird chanel-chanelnya OK sayangnya tidak bisa untuk kawasan Asia, derajatnya kecil nggak mungkin melewati tegak lurusnya tiang antena parabola mas adji.

    ReplyDelete

Warta

Loading...