HEMATLAH LISTRIK-MATIKAN LISTRIK YANG TIDAK PERLU
Electricity For a Better Life

Wednesday, October 20, 2010

Tip Pemasangan Listrik dengan Jasa BTL

Biro Teknik Listrik
Calon pelanggan listrik biasanya kurang memperhatikan instalasi listrik pada rumahnya, kebanyakan pelanggang memasang instalasi listrik untuk rumah tangga hanya berdasarkan Paket dari Biro Teknik listrik (BTL) untuk sambungan yang lain dipasang pelanggan sendiri. kasus yang terjadi di lapangan pada penambahan instalasi banyak sambungan yang kurang memenuhi standar, stopkontak banyak sambungan tidak sesuai kemapuan alat sehingga banyak terjadi kebakaran. untuk menhindari hal tersebut diharap bagi yang belum paham instalasi listrik sebaiknya gunakan Biro Teknik Listrik (BTL) untuk penabahan instalsi listrik di rumah.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pelanggang listrik untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan dan berikut Tipnya:

Tips berikut akan membantu Anda untuk ikut peduli dan turut memelihara Instalasi Listrik :

  1. Pastikan Instalasi Listrik di rumah/bangunan milih Anda telah terpasang dengan tepat, benar dan aman serta menggunakan material listrik yang terjamin kualitasnya dan sesuai kapasitasnya.
  2. Lakukan pemeriksaan rutin, minimal setahun sekali untuk memastikan apakah instalasi listrik masih layak untuk digunakan atau perlu direhabilitasi.
  3. Jika instalasi listrik telah terpasang lebih dari 10 tahun, sebaiknya perlu untuk direhabilitasi. Hal ini untuk menjaga agar instalasi listrik tetap layak dipergunakan dan mencegah kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
  4. Pergunakan peralatan rumah tangga elektronik yang disesuaikan dengan daya tersambung dan kapasitas/kemampuan kabel instalasi listrik yang terpasang.
  5. Jika ingin memasang, merehabilitasi atau memeriksa instalasi listrik, sebaiknya menggunakan jasa instalatir / Biro Teknik Listrik yang menjadi rekanan PT. PLN (Persero). Informasi tentang Instalatir Listrik dapat menghubungi kantor PLN terdekat.

Tips Mencegah Bahaya Listrik

  1. Jangan menumpuk stop kontak pada satu sumber listrik.
  2. Gunakan pemutus arus listrik (Sekering) yang sesuai dengan daya tersambung, jangan dilebihkan atau dikurangi.
  3. Kabel-kabel listrik yang terpasang di rumah jangan dibiarkan ada yang terkelupas atau dibiarkan terbuka.
  4. Jauhkan sumber-sumber listrik seperti stop kontak, saklar dan kabel-kabel listrik dari jangkauan anak-anak.
  5. Biasakan menggunakan material listrik, seperti kabel, saklar, stop kontak, steker (kontak tusuk) yang telah terjamin kualitasnya dan berlabel SNI (Standar Nasional Indonesia) / LMK (Lembaga Masalah Kelistrikan) / SPLN (Standar PLN).
  6. Pangkaslah pepohonan yang ada di halaman rumah jika sudah mendekati atau menyentuh jaringan listrik.
  7. Hindari pemasangan antene televisi terlalu tinggi sehingga bisa mendekati atau menyentuk jaringan listrik.
  8. Gunakan listrik yang memang haknya, jangan mencoba mencantol listrik, mengutak-atik KWH Meter atau menggunakan listrik secara tidak sah.
  9. Biasakan bersikap hati-hati, waspada dan tidak ceroboh dalam menggunakan listrik.
  10. Jangan bosan-bosan untuk mengingatkan anak-anak kita agar tidak bermain layang-layang di bawah/dekat jaringan listrik.
  11. Jangan menambah sambungan listrik sendiri pada rumah anda sehingga dapat menimbulkan kebakara,gunakan jasa Biro Teknik Listrik (BTL)

1 comment: